Dalam rangka meningkatkan volume penjualan UMKM di Desa Giri, Mahasiswa KKN UMG Desa Giri melaksanakan kegiatan sosialisasi STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN UMKM DI DESA GIRI
Oleh Satria Bayu Nugraha (Mahasiswa Teknik Industri Angkatan 2020),
Mahasiswa Universitas Muhammdiyah Gresik yang tergabung ke dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) melaksanakan Sosialisasi “STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN UMKM DI DESA GIRI” di Desa Giri, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Sosialisasi ini merupakan program kerja yang dilaksanakan bersama dengan pemerintah Desa Giri. Dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2023 di balai Desa Giri.
Sebanyak 30 pelaku UMKM serta 16 Mahasiswa dari Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) di Desa Giri berpartisipasi dalam kegiatan ini, selain itu kegiatan ini dihadiri dan dibuka oleh Ibu Nur Hamidah sebagai kepala asosiasi UMKM Giri sekaligus mewakili kepala desa Bapak Khusnul Falah yang juga merupakan suami dari beliau.
Menariknya, pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan ini sangat antusias, karena materi yang didapatkan dari nara sumber Bapak Yanuar Pandu Negoro, S.T., MLogSCM mengenai 7P dalam konsep marketing mix, yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Process dan Physical Environment yang bisa diterapkan dalam usaha UMKM, sangat bermanfaat dan juga sesuai dengan masalah yang dihadapi oleh para pelaku UMKM. Dalam materi yang disampaikan beliau mengatakan bahwa, “ Untuk tumbuh dari usaha mikro menjadi usaha kecil, dari usaha kecil menjadi menengah sampai nanti jadi usaha besar diperlukan ketelatenan untuk melakukan hal-hal yang merepotkan terutama dalam hal-hal kecil dari 7P tersebut yang mungkin terlihat sepele seperti menerima masukan dari konsumen untuk perbaikan produk, memperbaiki desain kemasan, mencoba media baru untuk promosi, memperbaiki system administrasi dan lain sebagainya. “
Para pelaku UMKM tidak pulang dengan tangan kosong begitu saja, karena mereka juga dibantu Mahasiswa KKN UMG untuk melakukan pemotretan produk masing-masing agar lebih menarik sehingga mereka bisa langsung memposting hasil foto di media sosial masing-masing sebagai bentuk pembelajaran kegiatan promosi, karena ternyata tidak semua pelaku UMKM memiliki media social sendiri untuk produk mereka.
Detail
February 14, 2023